Wujudkan Ekonomi Kreatif di Long Ikis, Disporapar Paser Dorong Dibentuk Pokdarwis

  • Admin Kelurahan Long Ikis
  • 08 August 2023
  • 408 Views
Wujudkan Ekonomi Kreatif di Long Ikis, Disporapar Paser Dorong Dibentuk Pokdarwis

Tana Paser – Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Muhsin Palinrungi, mendorong terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di kecamatan Long Ikis.

Muhsin mengatakan ada sejumlah objek wisata yang berpotensi untuk dikembangkan seperti Nui Sae, Telaga Olom Sundop, dan wisata mangrove Semuntai, namun belum memiliki Pokdarwis.

“Kami dorong objek wisata untuk membentuk Pokdarwis sehingga bisa kami berikan pembinaan,” kata Muhsin, Selasa (8/8).

Ia menyebut untuk bisa dibentuk Pokdarwis, pengelola objek wisata mengusulkan personel terlebih dahulu. Setelah itu, Disporapar akan membuat Surat Keputusan (SK) Pokdarwis.

“Kami hanya mendorong mereka untuk mengusulkan personel,” ujarnya.

Setelah terbentuk Pokdarwis, lanjut Muhsin, Disporapar Paser akan membekali pelatihan kepada mereka.

Materi pelatihan, kata Muksin, fokus pada penerapan Sapta Pesona Pariwisata di kawasan obyek wisata.

“Sapta Pesona Pariwisata adalah mewujudkan objek wisata yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan meninggalkan kenangan yang berkesan bagi wisatawan,” ujar Muhsin..

Ia berharap setelah mengikuti kegiatan itu, Pokdarwis masing-masing desa dapat mengelola obyek wisata dengan baik, sehingga dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat desa.

Disporapar Paser, kata dia, mendukung setiap destinasi wisata yang dikembangkan masyarakat dan membantu mempromosikannya melalui sistem informasi manajemen pariwisata daerah (Simparda).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk perwujudan visi dan misi Bupati Paser dalam program PASER MAS yakni memfasilitasi pariwisata alam dalam rangka upaya mendorong ekonomi kreatif.

Sumber : https://mediacenter.paserkab.go.id/

Related Posts

Leave a Comment